Kursus Sablon Kaos Distro Bandung

Wawancara Tentang Dunia Sablon Kaos Distro dengan Amir Fauzi


Bagaimana awalnya Anda mendirikan Sekolah Sablon ?
Saya mulai mendirikan kursus sablon ini saat saya banyak mengalami kendala terhadap produksi clothing saya. Ada yang kena tipu bahan, sablon belum di finishing serta ukuran dan jahitan yang tidak sesuai dengan permintaan. Karena banyaknya rintangan tersebut usaha saya naik turun. Berdasarkan pengalaman tersebut, saya pengin bantu kawan2 yang ingin mulai usaha sablon tanpa harus jatuh bangun. Terlalu besar yang harus dikeluarkan.

Kapan Anda mendirikan Sekolah Sablon
Sebenarnya sejak 2009 Sekolah Sablon sudah mulai dirintis, atau setahun setelah saya mulai usaha kaos (Revolta & Jihadi) namun saya belum menemukan kawan yang pas untuk memulai kursus tersebut. Dan tahun 2010 baru saya dan rekan saya secara resmi mendirikan Sekolah Sablon.

Apa saja sebenarnya keterampilan yang harus dimiliki pengusaha kaos ?
Secara umum bisa saya rinci sebagai berikut : manajemen, pengetahuan bahan, pengetahuan sablon dan pengetahuan jahit. Orang yang ingin masuk bisnis kaos, baiknya memiliki keterampilan tersebut agar bisnis bisa jalan dan produksi juga jalan dengan baik. Tanpa pengetahuan tersebut, rasanya kita tidak akan optimal.

Apa kunci sukses dalam bisnis kaos ?
Menurut saya, kunci sukses dalam bisnis kaos adalah karakter. Memiliki karakter menjadi penting untuk bertahan dalam jangka panjang. Boleh jadi untuk awalnya kita jadi follower dari kaos yang sudah ada, namun ketika modal sudah terkumpul baiknya produksi yang kita punya memiliki karakter dan target market yang jelas.

Dalam industri kaos, dimana nilainya tertinggi ?
Bisnis kaos itu nilai tertingginya ada di desain. Orang lihat kaos, umumnya yang pertama dilihat adalah desain kaosnya dulu, baru bahan, warna dan ukuran. Bisa jadi bahan bagus, sablon bagus tapi kalau desain tidak mampu menarik pelanggan membeli barang tadi akan numpuk di gudang.

Apa Tips Anda buat mereka yang mau memulai usaha kaos ?
Start Small !
Mulailah dari yang kecil, jika berhasil maka kembangkan dengan cepat, dan jika gagal tutuplah. Dan bikin konsep lagi.


Berapa biaya jika ingin mulai punya usaha Sablon ?
Tergantung, untuk kelas standar bisa dimulai dari 15 juta. Itu digunakan untuk membeli perangkat dan alat pendukung lainnya. Namun jika ingin mulai usaha clothing, bisa tanpa modal alias bisa jual desain via internet dengan sistem pre order. Dengan DP yang masuk, bisa digunakan untuk ongkos produksi sekaligus untuk mulai bisnis kaos.

Kalau mau jadi Desainer Kaos, skills apa saja yang perlu dimiliki ?
Yang paling penting adalah konsep dan ide desain, berikutnya adalah menguasai tools untuk buat artwork. Bisa mulai dari sketsa, kemudian dengan bantuan Corel atau Illustrator serta Photoshop. Tools itu sudah lebih dari cukup. Maka penting menguasai tools2 tersebut jika ingin serius jadi desainer kaos.

Apa visi mendirikan Sekolah Sablon ?
Saya punya visi, Sekolah Sablon bisa jadi laboratorium industri clothing di Indonesia sehingga pusat produksi kaos itu tidak melulu di Bandung, tetapi bisa menyebar diseluruh Indonesia.

Apa saja Program Kursus di Sekolah Sablon ?
Ada beberapa kursus, yang paling tua adalah Sablon Kaos Distro dan Desain Setting Sablon. Kedepan akan kita lengkapi kursus Jahit Distro dan Bordir serta Sablon Digital.

Seberapa besar prospek Sablon Kaos Manual ?
Menurutku, sablon kaos manual tidak akan pernah mati. Meskipun sablon manual untuk plastik, spanduk dan kertas tergantikan dengan digital printing. Sablon kaos manual tetap hidup karena memang belum bisa digantikan semuanya oleh sablon digital, mengingat sablon manual ada banyak efek yang membuat kaos jadi eklusif. Hal inilah yang membuat mayoritas kaos distro menggunakan sablon manual.

Bagaimana dengan adanya Direct to Garmen (DTG) ?
DTG menurutku melengkapi sablon manual, kelebihan manual tidak ada di DTG dan kelebihan DTG tidak ada di manual. DTG punya market tersendiri, khususnya untuk sablon satuan. Selain itu, untuk sekala besar dan efek khusus sementara ini belum bisa digantikan oleh DTG dari sisi efektifitas dan efisiensinya.

Bagaimana Masa Depan Usaha Kaos ?
Feeling saya usaha kaos akan tetap hidup. Di Amerika, menurut hasil survey, setiap 3.5 bulan orang berganti kaos. Ini artinya turn over kaos sangat tinggi. Coba lihat koleksi kita, saya yakin yang paling banyak adalah kaos oblong ?

Ok Bos, makasih ya pencerahannya ?
OK, sama2. Sukses selalu…

*wawancara dengan Amir Fauzi, Founder SekolahSablon.com dan Praktisi Usaha Kaos Distro