Kursus Sablon Kaos Distro Bandung

Dari Mana Anda Memulai Bisnis Kaos Distro















Darimana Anda memulai bisnis kaos distro atau fashion sejenis. Berikut ini penjelasan singkat bagaimana memulai dengan cara yang gambang dan dengan modal yang tidak begitu besar.

Setidaknya da 4 level rantai produksi bisnis kaos, mulai dari Tekstil, yaitu mengubah barang mentah/kapas menjadi barang jadi.

Proses berikutnya adalah industri garment dimana proses produksi dimulai dari mengolah bahan baku menjadi barang jadi atau siap dipakai.

Tahap berikutnya, adalah distribusi, dimana barang jadi didistribusi atau dipasarkan kepada customer.

Tahap akhir adalah barang dikonsumsi oleh customer.

Asumsi margin masing2 level berbeda-beda, margin tertinggi didapat dari marketing atau distribution, sedang margin yang paling tipis umumnya ada di industri tekstil, namun dalam skala produk yang besar.

Saran :
Jika anda ingin masuk dalam bisnis fashion dan dengan modal yang tidak terlalu banyak, saya sarankan masuk dulu menjadi distributor/marketing produk fashion.

Jika sudah punya network, bisa masuk tahap berikutnya, yaitu industri garment dengan memproduksi label sendiri.

Jika anda sudah punya kapabilitas dalam industri garment, kita masuk dalam industri tekstil.

Proses ini lebih aman dan lebih rendah modalnya selain resikonya tidak terlalu besar daripada langsung investasi dalam industri tekstil yang perlu modal besar dan pengelolaan karyawan yang tidak sederhana.

Semoga menjadi inspirasi

Amir Fauzi
Founder Sekolah Sablon
Follow saya di @amirfauzi
www.sekolahsablon,com